Hi cebongers. Ini adalah blog grup cebonk, disini penulis akan menyuguhkan berbagai cerita yang dapat memotivasi diri cebongers. Selain itu juga penulis akan memberikan cerpen-cerpen untuk menghibur semuanya.
RSS

Rabu, 14 Desember 2011

10 Negara Paling Bahagia Di Dunia

10 Negara Paling Bahagia di Dunia

 

Penulis : Tim AndrieWongso

Apakah ukuran kebahagiaan itu? Bisa macam-macam. Tetapi Legatum Institute punya ukuran yang sudah dipelajarinya bertahun-tahun. Dari sanalah lembaga ini menyusun negara-negara di dunia berdasarkan tingkat kebahagiaan warganya.

Beberapa tahun lalu direktur Legatum Institute memikirkan kenapa satu negara lebih kaya dibanding negara lain? Kenapa warga di suatu negara lebih bahagia dibanding warga di negara lain? Bahkan ada pertanyaan semacam, kenapa Ghana dan Korea Selatan yang pada tahun 1950-an memiliki Gross Domestic Product (GDP) sama saat ini memiliki GDP yang jauh berbeda.Korea Selatan memiliki GDP per kapita US$39.000 sedangkan Ghana hanya US$3000.

Setelah mempelajari datanya, mereka menemukan kesimpulan bahwa semua itu ternyata ditentukan oleh delapan faktor kemakmuran. Kedelapannya adalah ekonomi, entrepreneurship, layanan pemerintah, kesehatan, keamanan, kebebasan, pendidikan, dan faktor sosial. Dan faktor ini juga memberikan kontribusi pada kebahagiaan warganya. 

Setelah menggabungkannya dengan data lain lembaga ini berhasil menyusun 110 negara yang menunjukkan sejauh mana warganya merasa bahagia. Ranking-nya disusun dalam sebuah indeks bernama Legatum Prosperity Index.
 
Urutan pertama diduduki Norwegia. Gambarannya, negara ini memiliki GPD US$54.000/ kapita/ tahun. GPD-nya sebenarnya nomor dua tertinggi di dunia. Namun warganya menikmati "kekayaan lain". Sebanyak 95% warganya mengaku bahagia karena ada kebebasan untuk memilih cara hidup yang dikehendakinya. 

Posisi Norwegia ini masih bisa diperdebatan. Karena ada yang bilang, negara ini sebenarnya cukup membosankan, mengenakan pajak tinggi, dan sebagainya. Namun sumber kebahagiaan tak melulu masalah materi. Hal ini terlihat juga dari negara-negara yang kaya minyak yang justru berada di ranking bawah. 

Negara-negara yang berada di urutan atas adalah negara-negara yang adem-ayem, jarang diberitakan karena tak ada konflik dan masalah sosial lainnya. Sementara negara yang ribut dengan konflik, miskin, korup, berada di urutan bawah. Indonesia sendiri berada di urutan ke-70 kalah dibanding Filipina (66), Vietnam (62), Thailand (45), Malaysia (43), dan Singapura (16). Benarkah ini mencerminkan warga Indonesia kurang bahagia dibanding lima negara ASEAN itu?
 
Berikut ini 10 besar negara paling bahagia berdasarkan Legatum Prosperity Index 2011:
1.Norwegia
2.Denmark
3.Australia
4.Selandia Baru
5.Swedia
6.Kanada
7.Finlandia
8.Swiss
9.Belanda
10.Amerika Serikat 

Gimana Cebongerz? Ternyata Indonesia belum termasuk negara paling bahagia di Dunia? 
ayo kita berusaha sehingga Indonesia dapat menjadi salah satu dari daftar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar